M-Dinar : Bagaimana Mulai Menggunakannya…

Oleh Muhaimin Iqbal
Selasa, 27 January 2009 17:10

LoginHarus saya akui bahwa persiapan M-Dinar ini kalah cepat dengan tumbuhnya minat masyarakat untuk segera menggunakannya. Banyak hal yang masih harus kita sempurnakan, tetapi secara prinsip M-Dinar telah dapat digunakan. Beberapa penyempurnaan insyaallah akan terus dilakukan tanpa henti, sehingga pada waktunya nanti M-Dinar akan benar-benar praktis untuk digunakan.

Berikut adalah cara yang sudah bisa dilakukan oleh pengguna konsumen maupun para pedagang (terutama di dunia maya) dengan M-Dinar account-nya.

1) Mendaftar untuk menjadi pemegang account di M-Dinar sungguh mudah; yang Anda perlukan hanya buka situs www.m-dinar.com kemudian klik menu full-web (atau langsung ke www.m-dinar.com/indo.php). Di sidebar kiri paling bawah ada link ke create account; klik link ini dan Anda akan diminta isi 4 informasi saja yaitu nama anda, user name yang akan anda gunakan, email Anda (harus valid karena akan dikonfirmasi), dan password.

regSetelah Anda isi dan klik register, maka tahap awal pendaftaran Anda selesai. Anda diminta untuk mengkonfirmasi pendaftaran Anda melalui email yang Anda daftarkan tersebut diatas. Setelah Anda konfirmasi, Anda akan sudah resmi terdaftar sebagai pemegang account M-Dinar – namun Anda belum bisa transaksi dan belum memiliki nomor account.

2) Untuk bisa transaksi Anda harus punya saldo di rekening Anda; pengisian saldo awal dapat dilakukan melalui pembelian Dinar seperti membeli Dinar biasa. Bisa melalui email yang terdaftar di www.geraidinar.com, atau sms ataupun telpon ke nomor-nomor yang tercantum di kontak GeraiDinar.Com. Pada saat pengisian saldo awal ini, Anda akan diminta nomor HP karena nomor ini yang selalu Anda ingat – nomor HP Anda ini selanjutnya juga akan menjadi nomor account Anda.

m payment3)Setelah mengisi saldo awal, Anda bisa coba login lagi kemudian klik Mobile Payment di menu. Maka kali ini tampilan account Anda sudah akan berubah. Anda sudah memiliki nomor account, dan terlihat adanya saldo di account M-Dinar Anda.

4) Sekarang anda sudah bisa bertransaksi dengan pemegang account M-Dinar lainnya. Untuk transfer ke pihak Mitra, Anda hanya perlu nomor account-nya (yang juga mudah diingat karena nomornya akan sama dengan nomor HP mitra dagang Anda), jumlah yang hendak Anda transfer, dan penjelasan untuk transaksi apa transfer Anda tersebut.

Confirm15) Setelah Anda klik transfer; maka akan muncul halaman konfirmasi data, nama pemilik account tujuan transfer Anda, nomor account-nya dan jumlah yang akan Anda transfer. Kalau semua sudah benar, Anda dapat klik tombol konfirmasi.
Confirm1

Kalau ada yang keliru, Anda bisa batalkan di sini.

6) Untuk keamanan Anda, maka Anda akan diminta mengkonfirmasi sekali lagi transaksi ini melalui email Anda yang terdaftar. Anda diberi dua cara untuk mengkonfirmasi, bisa melalui klik link yang ada atau bisa menggunakan kode konfirmasi – 3 – 4 angka yang dikirim melalui email tersebut. Cara konfirmasi pertama dapat dilakukan dengan langsung klik ke link yang dikirim via email; cara kedua dengan kembali ke menu Mobile Payment Anda dan cari transaksi yang masih pending – klik tulisan pending ini dan isikan kode yang dikirim via email tersebut. Bila semua ok, maka satus transaksi akan berubah dari pending ke done. Pada tahap inipun- Anda masih bisa batalkan transaksi kalau Anda anggap ada kekeliruan. Bila Anda sudah konfirm yang terakhir kalinya ini maka baru mitra Anda akan dikirim email otomatis atas pembayaran Anda ini.

Proses tersebut diatas berlaku bila Anda ingin melakukan transfer antar pengguna M-Dinar. Bagaimana bila Anda ingin belanja sesuatu dari merchant yang sudah menerima M-Dinar sebagai alat bayar ?.

Saat ini memang baru GeraiDinar.Com dan DinarWorld.Com yang bisa menerima pembayaran Dinar emas melalui system M-Dinar ini, namun insyallah di waktu yang tidak terlalu lama lagi akan banyak merchants yang akan menerima system pembayaran M-Dinar ini – terutama para merchants di jagad maya.

Para merchants yang ingin mulai memperdagangkan barangnya dengan pembayaran Dinar melalui M-Dinar; dapat mendaftar sama seperti pendaftaran yang diuraikan tersebut diatas. Tambahannya hanya merchant tersebut perlu menghubungi kami bahwa mereka akan menggunakan account M-Dinarnya sebagai merchant account.

payment1Atas pendaftaran ini, kami akan beri html script khusus untuk ditaruh di web merchant ybs. html script ini bisa ditaruh di mana saja yang dibutuhkan agar pelanggan mudah melakukan pembayaran. Di www.geraidinar.com html script ini kita taruh di halaman depan (index) sehingga terlihat oleh siapapun yang akan melakukan pembayaran berbasis Dinar ke GeraiDinar.Com.

Sebaliknya di DinarWorld.Com; html script ini ngumpet di system pembayaran. System pembayaran M-dinar hanya muncul apabila Anda membeli sesuatu di DinarWorld.Com kemudian memilih M-Dinar sebagai alat bayarnya. Bila ini yang Anda pilih maka ketika Anda selesai proses check out, Anda akan di suguhi menu pembayaran melalui M-Dinar ini.

payment 2Cara pembayarannya sederhana, Anda tinggal isikan jumlah yang Anda akan bayar dan penjelasan untuk apa transaksi ini. Setelah Anda klik pay, akan muncul data merchant ybs dan jumlah yang akan Anda bayar.

Setelah Anda setuju dengan semua data dan tujuan pembayaran dan klik pay sekali lagi, maka Anda akan diminta isi user id- dan password Anda.

Sekali lagi Anda akan diminta konfirm melalui email untuk pengamanan transaksi lapis berikutnya.

Jadi memiliki account di M-Dinar adalah mudah, menjadi pedagang (merchant) yang bisa menerima pembayaran dengan Dinar di dunia maya juga mudah

loginDengan kemudahan-kemudahan ini dan penyempurnaannya yang akan datang…insyaallah Dinar akan bener-bener hadir dan berfungsi sebagai mana mestinya di dalam kehidupan kita yang nyata….Insyaallah.

Sumber: GeraiDinar.com
This entry was posted in Dinar/Emas. Bookmark the permalink.

Comments are closed.